blog ini dalam perbaikan.....ane lagi benerin biar mantaaaap kontak ane...0818 808 616

RENCANA KERJA YAYASAN PEDULI KAUM DHUAFA

Rabu, 01 September 2010

I.  PROGRAM YATIM
     
MENYAYANGI YATIM MEMBERDAYAKAN DHUAFA

Kami tidak ingin hanya sekedar menyantuni, tapi kami ingin lebih dari itu. Kami ingin lebih menyayangi mereka, mengawasi pendidikan mereka, akhlaq mereka, kebutuhan mereka, keinginan mereka dan sebagainya.. karena selama ini kami menyadari bukan hanya materi saja yang mereka butuhkan namun lebih dari itu... kasih sayang ayah, ibu dan kebersamaan dalam satu keluarga itu yang mereka inginkan... untuk itu Yayasan  bertekad untuk mewujudkan hal tersebut.. namun tanpa bantuan dari muzzaki, donatur, simpatisan dan pemerhati anak anak yatim dan kaum dhuafa sulit untuk merealisasikan hal tersebut.. Untuk itu sejak tahun 2010 ini program kerja kami ke anak anak yatim adalah : - Penanaman Nilai Keislaman - Pembiayaan Pendidikan yang Berkelanjutan - Pembinaan Akhlaq dan Kreatifitas dan - Pembangunan Jiwa dan Semangat Kemandirian

PEMBANGUNAN JIWA DAN SEMANGAT KEMANDIRIAN

Cita-cita kami dalam mengurus mereka adalah agar ketika besar nanti mereka dapat menjadi orang yang sukses dunia dan akherat, dan tidak membebani orang lain apalagi menjadi parasit dalam masyarakat... untuk itu kami mendidik mereka dan menanamkan jiwa entrepeunership (wiraswasta) untuk menyiapkan mereka menjadi pribadi-pribadi yang mandiri dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.. Mudah-mudahan semua program kerja ini dapat kami laksanakan untuk mencetak generasi yang berkualitas menuju Indonesia yang lebih baik.

PEMBIAYAAN PENDIDIKAN YANG BERKELANJUTAN

Program kedua ini adalah program pembiayaan pendidikan anak anak yatim, namun tidak hanya terbatas Sekolah Dasar saja melainkan sampai ke pendidikan tinggi. Pembiayaan pendidikan mereka sampai tingkat SLTP berasal dari dana yatim yang donatur sumbangkan..
   
PEMBINAAN AKHLAQ DAN KREATIFITAS

Paradigma masyarakat tentang anak yatim adalah anak yang bandel, susah di atur, nakal dsb.. kami ingin merubah hal tersebut... untuk itulah program ini kami ciptakan.. Dengan program yang terencana kami ingin mereka menjadi manusia manusia yang berakhlaqul karimah dan menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif sehingga mampu menghadapi tantangan zaman...

PENANAMAN NILAI KEISLAMAN

Program ini bertujuan untuk membina dan mengajarkan mereka tentang Agama Islam secara menyeluruh dari mulai penanaman aqidah, akhlaq, baca tulis Al-Qurán, Fiqih dan lain-lain.. Kami ingin mereka mempunyai bekal keimanan dan pemahaman Islam yang kuat. Bentuk program ini adalah pembinaan rutin setiap hari Ahad pagi berupa pengajian dan taklim
   
Program Bea didik dan Bea Prestasi Yatim

Program Bea didik adalah program pemberian biaya pendidikan anak-anak yatim dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan SLTP, bea didik ini meliputi perlengkapan sekolah (baju seragam, sepatu dan tas) dan keseluruhan biaya pendidikan seperti uang pembangunan, SPP, Uang ujian semester, ujian akhir, studi wisata dan lain-lain, 70 persen dari dana yatim yang ada di alokasikan pada program bea didik ini.

 Sedangkan program Bea Prestasi adalah Uang yang diberikan langsung kepada anak yatim yang berprestasi.Bea Prestasi ini diberikan setiap semester dengan tujuan untuk merangsang prestasi yatim.

Pada program ini kami juga meluncurkan Program Daya Didik yaitu Program Dana Yatim Abadi untuk Pendidikan. Program khusus ini bertujuan agar dana untuk pendidikan anak-anak yatim tersedia selamanya.

Pada pelaksanaannya program ini mendepositokan sejumlah uang ke bank syariah kemudian bagi hasil dari deposito tersebut yang digunakan untuk biaya pendidikan sehingga dananya tetap abadi.

Program Bina Yatim

Program ini adalah program pembinaan akhlak yatim. Wujud program ini adalah melalui Taman Pendidikan Al-Quran untuk usia TK dan SD. Pengajian dan Pembinaan Akhlak untuk usia SLTP.

Program Kerja Ramadhan 1431 H

Pada Bulan Ramadhan 1431 H ini ada beberapa program kerja yang akan dilaksanakan, diantaranya adalah : Tarhib dan Festival menyambut Ramadhan 1431 H, Buka Puasa, Mabit dan Sahur Bersama anak-anak yatim, Pelatihan dan Bimbingan Baca Tulis Al-Qur'an untuk Yatim dan Dhuafa, Pesantren Kilat, Itikaf, Santunan Idul Fitri, Rihlah bersama Yatim

Program Peduli Yatim

Adalah program yang bersifat  santunan temporer seperti pembagian sembako, santunan idul fitri, pengobatan dan khitanan serta kegiatan-kegiatan temporer lainnya.

II. PROGRAM  DHUAFA
    
 Program "Mobil Ambulance" untuk Dhuafa

Program " Peduli Dhuafa"
Program ini adalah program yang bersifat karitas seperti pemberian sembako, pengobatan masal dan perbantuan biaya rumah sakit dan lain-lain.

Program Peduli Pendidikan Dhuafa

Program ini memberikan bea didik kepada dhuafa yang mempunyai prestasi dan potensi sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kami biasa menyebutnya dengan program peduli pendidikan (PP), saat ini Yayasan  sedang menyantuni beberapa anak yatim dan dhuafa yang berprestasi di jenjang pendidikan SLTA dan Perguruan Tinggi.
     
Program Pemberdayaan Dhuafa

Program ini merupakan sasaran utama dalam pemberdayaan kaum dhuafa, melalui program ini Yayasan  berperan sebagai mitra dalam pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa dengan cara memberdayakan kaum dhuafa sehingga meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan kaum dhuafa.

0 komentar:

Posting Komentar


About This Blog


weather

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP